Tips Gazebo Taman Rumah Minimalis Sederhana Unik

Tips Gazebo Taman Rumah Minimalis Sederhana Unik - Bagi Anda yang memiliki lahan yang luas di samping, belakang, atau depan rumah, tidak ada salahnya melirik salah satu cara untuk memanfaatkannya yakni dengan membangun gazebo atau saung.

Gazebo, kata konsultan properti terbaru, Taka Wong, dapat dijadikan ruang santai keluarga di rumah. Selain juga untuk menerima tamu yang sudah dekat dengan keluarga. Gazebo biasanya dibuat menyatu dengan alam atau eksterior rumah, dan dipadankan dengan taman di sekeliling rumah. Untuk rumah diperkotaan yang lahan tamannya tidak begitu luas, gazebo memiliki ukuran sedang dan cenderung kecil sekitar 2x2 meter atau 2x3 meter. Gazebo pun dapat berbentuk panggung atau landai.

Gazebo yang berbentuk panggung bisa dijadikan ruang favorit keluarga, dengan memperindah pemandangan sekitar gazebo. Agar terlihat asri dan elok, di dekat gazebo dapat dibangun kolam dan sungai buatan dengan pohon-pohon yang hijau, berada di tempat tersebut serasa nyaman dan sejuk. Bagi yang memiliki anak, di depan gazebo dapat ditempatkan taman yang menjadi tempat anak-anak bermain. Menurut Taka, gazebo ada beberapa macam. Antara lain gazebo khas Jawa atau Bali misalnya memiliki kekhasan karena bahannya yang terbuat dari kayu. Sementara gazebo modern biasanya dipadupadankan dengan benton.

Gazebo yang dibuat serba dari kayu, biasanya menggunakan atap tumbuhan alam seperti alang-alang dan ijuk. Pengerjaannya menggunakan sistem rakitan, sehingga sangat mudah dipindah dari satu tempat ke tempat lain. Bahkan peminat gazebo tidak perlu repot-repot membuat atau mencari bahan untuk membangun gazebo, karena peminat dapat langsung memesannya ditempat pembuatan gazebo. Di Jawa misalnya Anda dapat menemukan rumah produksi gazebo di wilayah Yogyakarta hingga Kudus. Di Bali, anda dapat menemukannya di daerah Badung

Gazebo dengan ukuran 2x2 meter bisa didapat dengan harga Rp 3,750 juta, 2x3 meter seharga Rp 5,500 juta hingga Rp 6 juta, sedangkan yang berukuran lebih besar 4x5 meter hingga 5x6 bisa mencapai Rp 30 juta hingga Rp 45 juta per unit.

Menurut Taka, pengerjaan gazebo diperlukan keahlian khusus dan tak bisa dilakukan semua orang. Untuk tiap pemesanan, dikerjakan dengan sistem borongan. Satu unit gazebo ongkos yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 250.000 hingga Rp 300.000 per orang tukang. Hal ini dilakukan selain merangsang semangat berusaha para tukang, juga menunjukkan hasil kerja yang bermutu. Gazebo khas Jawa dan Bali diminati karena menyatu dengan alam dan harganya lebih murah dibanding gazebo modern.

Ciri gazebo modern adalah sisi dan atapnya terbuat dari kayu tapi memiliki ornamen yang berbeda dengan gazebo khas Jawa dan Bali. Gazebo modern biasanya tidak memiliki bale-bale dan diganti dengan lantai yang landai, dan ketiga sisinya ditutup dinding kayu yang tingginya sekitar satu meter dari lantai. Dalam gazebo pemilik biasanya menempatkan kursi dan meja kecil untuk duduk menikmati pemandangan.

Bentuk gazebo modern dapat kita temui yang bersegi empat atau pun bulat, tidak seperti gazebo Bali maupun Jawa yang didominasi bentuk persegi empat, dan dibangun secara permanen atau tidak dapat dipindah. Baca juga Tips Cara Menata Atap Rumah Minimalis Sesuai Feng Shui.

0 comments:

Post a Comment